Bahagia itu Sederhana. Membandingkan yang Merusaknya

IMG_20191201_140104

Sejatinya bahagia itu sederhana. Tak perlu syarat materi itu dan ini. Karena bahagia datang dari hati.

Kebahagiaan bisa hadir dari hal-hal sederhana. Seperti membaca buku sambil mendengarkan musik di hari Minggu. Atau minum secangkir kopi hangat di pagi hari. Hal-hal kecil jika disyukuri sudah membuat bahagia di hati. Karena bahagia memang datangnya dari hati. Bukan dari materi.

Sayangnya, kita dari kecil terbiasa membandingkan diri kita dengan orang lain. Hal yang tak mungkin dihindari, sebagai konsekuensi manusia adalah masuk sosial yang melakukan observasi sosial, meniru orang lain untuk survive dalam life span atau rentang perjalanan hidupnya.

Compare with others kadang diperlukan untuk memacu kita bergerak maju dan menjadi pribadi lebih baik. Tapi, kalau compare-nya over dosis dan tidak pada tempatnya, maka akan merusak hidup kita.

Lakukan perbandingan dengan orang lain secara hati-hati. Karena jalan kita dengan jalan mereka berbeda. Cerita kita dengan mereka berbeda. Takdir kita dengan mereka berbeda. Mengapa tega membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang kamu lihat sebagai sosok sempurna? Padahal, realitanya bisa jadi ybs memang sukses secara materi, karir, dan dikaruniai kehidupan yang lengkap. Tapi, tidak ada yang bisa menggaransi ybs hidupnya damai, dipenuhi berkah, bisa jadi banyak masalah, atau ybs malah menjadi pribadi yang kurang bersyukur akhirnya merasa hidupnya terus kekurangan.

Belajar menerima jalan hidupmu yang terbaik. Sambil terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi. Full video on my youtube channel.

Yang Dilakukan Ketika Orang Lain Mengeluh Mendengar

Mendengar orang mengeluh secara terus menerus dan berulang bukan hal menyenangkan. Bagaimaan menyikapinya?

PicsArt_10-03-10.37.57

Dari sekian banyak teman atau kolega, pasti ada yang kerap mengeluh. Bagaimana kalau si pengeluh ini sahabat, teman kerja, atau pasangan kita.

Kebayang kan, kalau pagi hari pas kita duduk di meja dia sudah mengeluhkan kondisi jalan yang macet. Padahal kita juga mengalami hal sama. Kira-kira menurutmu mengganggu tidak?

Nah jika kamu punya orang dekat yang suka mengeluh, tips dari psychologytoday.com di bawah ini bisa dipraktekkan.

1 Jangan mengeluh tentang keluhan. Meskipun kamu kesal mendengar dia mengeluh terus-menerus, sebisa mungkin hindari mengeluh tentang keluhannya. Pakai kalimat yang tone-nya lebih positif agar kamu tetap semangat.

Misalnya jika dia mengeluh soal macet, kamu bisa bilang,” Memang nyebelin sih. Ya udah ngeteh dulu saja biar rileks.”

2. Jangan memberi saran atas keluhannya. Karena dia hanya ingin mengeluh, melepas emosinya.

Misalnya kamu mendengar dia mengeluh jalanan macet. Kamu tak perlu ngasih saran ke dia yang masih kesal karena jalanan macet. Atau malah ceramah panjang lebar. Simpan dulu argumen dan ceramahmu.

“Memang macet tiap hari. Daripada kamu ngeluh terus2an, kan pas macet bisa dipakai untuk baca buku, berita dari HP. Atau buat dzikir, baca sholawat.”

Simpan argumen dan ceramahmu saat dia mengeluh. Karena hanya membuat dia semakin kesal. Saranmu bisa disampaikan jika dia sudah rileks dan dengan ucapan yang tidak terkesan menggurui.

3. Jangan membuat drama atas keluhannya. Misalnya dia mengeluh soal macet. Kamu malah ikut-ikutan mengeluh soal macet bahkan sampai ngomong kasar, ngumpat kan jadinya malah aneh ya. Yang awalnya mengeluh siapa, eh kamu malah yang bersemangat ngumpat.

4. Kasih Tahu Keberatanmu. Jika temanmu atau pasanganmu terus-terusan mengeluh, dan kamu merasa sudah mengganggu hari-harimu, sebaiknya ungkapkan keberatanmu dengan bahasa baik dan tidak menyinggung perasaannya.

Belajar Berhenti Mengeluh

PicsArt_09-13-09.35.59

Pernah ga sih dalam hidupmu, sehari saja kamu sama sekali nggak mengeluh atau komplain? Padahal keadaan seolah membenarkan atau memantaskan kamu untuk mengeluh.

Misalnya nih, kamu sudah setel alarm pagi, bangun jam 5. Sudah menyiapkan baju untuk OOTD hari itu hingga tidak perlu menambah waktu hanya untuk mantes-mantesin baju demi penampilan paripurna. Kamu berharap dengan perencanaan bagus kamu tidak telat masuk kuliah atau kerja. Ternyata ada kondisi di luar yang tidak bisa kamu kontrol.

Di tengah jalan, kendaraan yang kamu kendarai atau tumpangi mogok. Atau kamu menunggu kendaraan umum lama sekali. Atau kamu sudah mencoba pakai ojeg online agar cepat, ternyata drivernya lama sekali sampai, begitu jalan, kondisi jalanan macet parah banget di luar dugaan.

Kondisi eksternal di jalan yang tidak bisa dikontrol akan mengaduk emosi kita. Kondisi tidak enak itu mendorong kita untuk mengurangi stres dengan coping strategy berupa menyampaikan keluhan atau uneg-uneg kepada orang sekitar atau melampiaskannya di media sosial.

Apakah setelah mengeluh keadaan emosi kita lebih baik? Bisa ya bisa juga tidak. Kita akan merasa lebih baik telah mengeluarkan emosi negatif seperti kesal, marah atas keadaan dalam bentuk keluhan.

Tapi tanpa kita sadari, kita telah menyebarkan energi negatif, sampah ke orang-orang di sekitar kita atau teman-teman di media sosial. Seharusnya hari mereka indah tapi setelah mendengar atau membaca keluhan kita yang merupakan energi negatif, mereka akan merasa sesak, atau kesal.

Sebagai terapi mengurangi stres, mengeluh bisa dilakukan sesekali. Lebih baik lagi jika belajar mengurangi bahkan berhenti mengeluh karena ternyata tindakan kita membuat orang lain kesal, sebal, marah, dadanya sesak.

Jika ingin melampiaskan kekecewaan atas keadaan yang tidak inginkan, tetapi tidak merugikan orang lain, kita bisa menulisnya di buku harian, atau mengadu kepada Tuhan mengadukan kondisi, keadaan menyebalkan di luar kontrol kita sebagai manusia.

Hal positif lain yang bisa dilakukan adalah belajar berhenti mengeluh. Mulai sehari saja dulu. Caranya bagaimana? Pertama, belajar menerima keadaan sulit, menyebalkan dengan menganggap kamu sedang apes dan orang lain juga ada yang mengalami hal serupa sehingga kamu tidak merasa menjadi orang paling malang sedunia.

Kedua, belajar mengurangi menghakimi diri sendiri bahkan menghakimi orang lain atas keadaan yang tidak kamu kehendaki. Misalnya, saat kendaraan yang kamu naiki mogok, bermasalah, kamu tidak menyalahkan diri sendiri mengapa naik kendaraan tersebut. Atau menyalahkan sopir mengapa dia lalai mengecek kendaraan sebelum berangkat.

Dua tips sederhana di atas mudah-mudahan bisa mengurangi ekskalasi keluhanmu dari parah banget sering mengeluh menjadi ketagihan eh bisa berhenti mengeluh.

Muda dengan Kolagen. Makanan Apa Saja yang Kaya Kolagen?

Kolagen ternyata mempunyai peran penting dalam membuat kulit kita lembab, halus, dan awet muda. Kepo dong, bahan apa saja yang kaya kolagen? 

Unsur kolagen dalam tubuh membuat kulit kita kenyal, lembab, dan halus. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh terus berkurang. Akibatnya semakin menua kulit akan berkerut, mengering. Kebutuhan akan koleagen membuat industri suplemen kolagen diminati dan tumbuh subur.

Padahal, kita bisa mendapatkan asupan kolagen dari bahan-bahan alami. Apa saja bahan makanan yang kaya kolagen?
1. Sayuran Merah

Sayuran merah seperti tomat, paprika merah, kubis merah, lobak merah mengandung likopen yang mendukung produksi kolagen. Bukan hanya mendukung kolagen, sayuran merah juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan risiko gangguan otak, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

2. Ikan
Bagi kalian penyuka ikan, berbahagialah. Ternyata ikan memiliki kolagen paling tinggi. Kandungan omega 3 dalam ikan berguna melindungi selaput lemak sekitar sel kulit. Salmon menjadi contoh ikan yang kaya omega 3.
3. Kedelai
Nah untuk jenis kacang-kacangan, kedelai menjadi sumber kolagen yang baik karena mengandung protein lisin, dan hormon genistein yang berfungsi meningkatkan kolagen di dalam tubuh.
4. Sayuran dan buah berwarna oranye
Sayuran dan buah berwarna oranye seperti ubi, wortel, buah mangga kaya akan vitamin A yang tidak hanya mendongkrak produksi kolagen tetapi juga meningkatkan elastisitas kulit dan sirkulasi darah.

5. Jeruk
Buah jeruk seperti grapefruit, lemon, dan jeruk nipis mampu mengubah asam amino lisin dan prolin menjadi kolagen. Sehingga jeruk bisa menjadi salah satu alternatif makanan pilihan untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh.
6. Berry
Buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, atau blackberry kaya akan anthocyanidins. Zat ini berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan menangkal radikal bebas.
7. Bawang putih
Bawang putih kaya akan taurine , asam lipoat yang berfungsi membangun ulang serat kolagen yang rusak. Bawang putih juga mengandung sulfur alami yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen.
8. White tea
Varian white tea bisa melindungi kulit dari kerusakan lebih jauh – caranya dengan menghambat aktivitas enzim penuaan.

Mengapa Cinta

picsart_01-14-10.02.02

 

 

Aku sedang membaca ulang artikelku di layar monitor komputer ketika chat-mu datang menandai layar.  “Kamu lagi apa sweetheart? ” tanyamu.  Sambil mataku masih menatap layar komputer, aku membalas chat-mu.  “Hai by , nih lagi baca artikel. Kamu? ” Lama di layar tidak muncul chat-mu. Aku pun kembali larut dengan kerjaanku.

Selang 10 menit kemudian chat-mu kembali hadir. “Habis meeting dengan klien sweetheart.  Kamu sudah makan? ” Aku melongok jam di ponsel. Nggak salah nih jam segini nanyain makan siang. Hmmm Akhirnya aku membalas pertanyaannya. “Kan sudah jam 3 sore by. Maksudnya makan malam? Jangan-jangan kamu yang belum makan.” Selang 5 menit tidak ada reply. Aku kembali mengetik.

Hampir sejam tidak ada chat dari kamu. Akhirnya aku inisiatif mengirim chat.  “Hmmm sibuk banget bosque.” Hingga 15 menit chatku belum kamu balas.  Akhirnya aku mengirim chat lagi. “Hmmmm.”

Saat aku mengemasi barang mau pulang, namamu muncul di screen ponsel.  “Beb, sorry lama nggak bales. Lagi jawab telpon klien. Maaf ya.”

Aku membalas, “Ya udah nggak papa. Hanya peluru cemburu hampir menembakku.” Kamu mengirim emoji love.  “Aku cinta kamu,  Zeaku.” Aku pun membalas dengan emoji cinta.

Kamu mengirim chat lagi. “Sweeteart, mengapa kamu mencintaiku?” tanyamu. Hmmm kamu menanyakan lagi mengapa aku cinta, batinku. Sejatinya aku pernah menjawab pertanyaanmu beberapa waktu lalu. Tapi sepertinya menurutmu kurang meyakinkan. Kamu tidak yakin dengan jawaban yang kupaparkan.
“Aku mencintaimu karena aku melihat sebagian diriku ada di kamu, ” balasku mantap berharap engkau percaya dan tidak menyangsikannya. Seperti yang lalu, kamu pun bertanya lagi soal rasa di dada. “Hanya itu?” tanyamu. Aku membalas, “Loving someone doesn’t need a reason, baby”
#
Entah kenapa kamu sepertinya ragu aku mencintaimu. Apakah cinta perlu alasan rasional untuk menegaskan bahwa rasa yang ada bisa dikuantifikasi dan akhirnya bisa menjadi garansi?
#
Jika ditanya soal alasan kenapa aku mencintai kamu, tidak akan pernah ada jawaban tunggal. Karena faktor-faktor pemicu cinta datang sangatlah kompleks tidak sesederhana memasak mie instan yang hanya perlu mie, panci dan air untuk menjadi santapan.

Esoknya kita janjian ketemu makan siang di restoran Jepang kesukaanmu. Kita langsung bertemu di sana. Begitulah aku. Tidak seperti keanyakan cewek yang minta dijemput atau diantar ke sana ke mari, aku akan lebih memilih sendiri jika itu merepotkanmu.

Begitu kita bertemu di lobby restoran, aku sudah melihat rindu dari sorot matamu. Rindu yang telah menggunung tak mampu ditahan hingga akhir pekan. Hingga kita pun memilih bertemu di tengah tenggat kerjaan.  Walaupun kita tahu, pertemuan adalah candu. Bukankah setelah pertemuan tidak ada jaminan rindu bakal berkurang. Yang ada rindu seakan kian mengekang. Tapi kita tak punya pilihan lain selain bertemu untuk menuntaskan dahaga rindu.

Kilatan rindu dari sorot matamu kian kuat kala kita duduk dekat. Ada tarikan nafas berat di sela sorot matamu yang memandang tajam ke arahku. Tanpa setahumu, rinduku sejatinya melebihi kadar rindumu. Hingga nyaris membuatku gila hanya mengingatmu. Tapi bedanya, aku rapi menyimpannya.

Aku pikir setelah kita berjumpa, kamu lupa dengan pertanyaan kemarin mengapa aku mencintaimu. Tanpa kamu tahu, aku mencintaimu menghilangkan sebagian kewarasanku. Tapi, tentu saja hanya aku yang tahu.

Ternyata, pertanyaan itu masih memenuhi benakmu. Sambil menatapku, kamu bertanya pertanyaan serupa. Tapi aku lebih suka dengan matamu ketimbang pertanyaanmu. Mata yang selalu menyimpan bayangku di sana. Mata yang menyorotkan semangat hidup yang sama. Kamu memanggilku pelan, ” Sweetheart.”

Dengan tersenyum, aku pun berujar,”Kamu kepo banget by. Mau tahu banget atau mau tahu saja.” Kamu hanya mengangkat alismu. Aku pun menegakkan posisi dudukku. “Baiklah tuanku, karena kamu penasaran, aku akan menjawabnya, ” jawabku tersenyum melanjutkan, “Aku mencintaimu karena ketika aku melihat kamu, aku seperti melihat sebagian diriku. Sebagian aku adalah kamu.”

Mendengar argumenku, kamu tersenyum menatapku. Kemudian jemarimu mengelus rambutku tidak peduli masih ada makanan yang belum disantap.

Setelah menjawab pertanyaanmu aku berharap, tidak ada lagi keraguan soal yang sama. “Jangan bertanya lagi soal yang sama ya sayang. Karena akuuuuu tetaaap tidaaaak…..ehmmm, ” kataku pura-pura berpikir sesuatu. “Tidak kenapa beb?” tanyamu. “Karena akyyy tetaaap tidak akan kasih kamu sepeda, ” balasku dengan mimik serius sambil tanganku memainkan piring di meja. Kamu pun langsung tertawa. Kamu tahu, aku paling suka melihat kamu tertawa. Karena dunia terlihat lebih berwarna.

picsart_01-14-10.02.02

12 Ibu Tertua Yang Melahirkan Bayi Di Dunia

Mempunyai bayi menjadi dambaan hampir setiap wanita di dunia. Namun, tidak semua perempuan beruntung mempunyai bayi saat usia muda. Seperti 12 perempuan ini yang empat diantaranya merupakan warga India. Berikut 12 perempuan yang melahirkan bayi di usia sekitar 55 tahun hingga hampir 70 tahun berdasarkan wojournals.com.

1. Daljinder Kaur

LP Gbr Ibu Tertua Daljinder
Wanita India sekarang memegang rekor sebagai wanita tertua yang pernah melahirkan seorang anak. Saat melahirkan bayi laki-lakinya Daljinder berusia 72 tahun dan suaminya berusia 79 tahun.

2. Rajo Devi Lohan

LP Gbr Ibu Tertua Rajo Devi

Rajo Devi Lohan adalah seorang wanita India yang melahirkan anak terakhirnya saat berusia 69 tahun. Bayinya juga sangat sehat. Rajo sudah lama dianggap sebagai ibu tertua dalam sejarah medis dunia.

3. Elizabeth Adeney

LP Gbr Ibu Tertua Adneey
Elizabeth Adeney melahirkan anaknya saat berusia 66 tahun. Setelah melahirkan baik Elizabeth maupun bayinya dalam kondisi baik. Elizabeth sekarang sering menjadi narasumber di banyak acara TV dan radio.

4. Bhateri Devi Singh

LP Gbr Ibu Tertua Batteri singh getty images
Saat berusia 66 tahun seorang wanita India bernama Bhateri Devi Singh melahirkan tiga bayi kembar. Ketiga bayi tersebut selamat dan sekarang tumbuh normal. Bhateri juga merasa masih cukup sehat.

5. Adriana Iliescu

lp gBR iBU tERTUA ADRIANA
Adriana Iliescu merupakan perempuan Rumania yang melahirkan anak saat usianya 66 tahun. Sebetulnya Adriana melahirkan bayi kembar tiga tapi yang selamat hanya satu bayi berjenis kelamin perempuan.

6. Omkari Panwar

LP Gbr Ibu Tertua Omkari
Omkari Panwar adalah perempuan India yang berharap mempunyai anak laki-laki untuk mewarisi kekayaan suaminya. Ia ditekan mengikuti program hamil secara medis. Omkari kemudian melahirkan anak kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan pada usia 66 tahun. Tiga tahun setelah melahirkan Omkari meninggal dunia.

7. Maria del Carmen Bousada de Lara

LP Gbr Ibu Tertua Maria
Maria Del Carmen Bousada De Lara adalah seorang perempuan Spanyol yang melahirkan anak kembar pada usia 66 tahun. Tetapi Maria berbohong kepada dokter bahwa dia berusia 55 tahun. Tiga tahun kemudian Maria meninggal dunia.

8. Valentyna Pidverbna
Seorang wanita Ukraina bernama Valentyna Pidverbna melahirkan anak pertama dan satu-satunya pada usia 66 tahun.

9. Annegret Raunigk

LP Gbr Ibu TErtua Aneeith
Seorang wanita Jerman berusia 65 tahun bernama Annegret Raunigk melahirkan bayi kembar empat. Jumlah keseluruhan anak Annegret sebanyak 17 anak. Annegret menjadi satu-satunya perempuan Eropa yang mempunyai anak banyak dan melahirkan hingga usia di atas 60 tahun.

10. Memnune Tiryaki

LP Gbr Ibu Tertua Memneuki
Setelah berikhtiar untuk mempunyai anak selama 35 tahun, perempuan India bernama Memnune Triyaki akhirnya melahirkan bayi saat berusia 62 tahun. Memnune mencoba program hamil secara medis.

11. Dawn Brooke
Dawn Brooke adalah seorang perempuan asal Inggris yang hamil dan melahirkan secara alami pada usia 59 tahun. Brooke secara resmi terdaftar di Guinness World Record Book sebagai ibu tertua yang secara alami melahirkan bayi.

12. Raisa Akhmadeeva
Wanita Rusia bernama Raisa Akhmadeeva melahirkan anak pertamanya pada usia 56 tahun secara normal. Untuk bisa mempunyai anak, Raisa tidak mengikuti program hamil. Bayinya lahir dalam kondisi prematur. Selama dua tahun keluarga Raisa berjuang membantu bayi prematur bertahan hidup.

Investasi Enam Mangkok Bakso

Investasi saham tidak harus jutaan. Bisa dimulai dari seharga enam mangkok bakso.

Investasi saham bisa dimulai dengan uang Rp 100 ribu alias seharga enam mangkok bakso. Hal itu diungkapkan Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam taks show yang digelar viva.co.id di Ario Bimo Sentral pada Kamis (18/10/2018)

“Investasi tidak harus jutaan. Investasi saham Rp 100 ribu, reksadana Rp 100 ribu, obligasi Rp 5 juta. Rp 100 ribu sekarang sama dengan dua mangkok bakso yang enak.”

Menurut Fauzi saham merupakan investasi tertinggi. “Cara pilih saham yang aman. Pilihlah saham-saham bank besar yang ada di BEI. Kalau
yang suka belanja ke mall, jadilah pemilik mall dengan membeli sahamnya.”

Ditambahkan Fauzi saham mempunyai masa pasang surut. “Saham ada saat naik ada saat turun. Ada mssa naik turun, tapi trennya naik. Misalnya harga saham pada tahun 1991 di kisaran Rp 100 per lembar sekarang sudah Rp 6600 per lembar. Untuk recovery nggak perlu waktu lama, tidak mencapai setahun.”