Sunnah Nabi itu Pro Perilaku Sosial

Perilaku sosial menjadi salah satu modalitas yang harus dimiliki individu untuk diterima sebagai bagian masyarakat. Perilaku sosial yang diterima masyarakat sesuai dengan norma sosial, budaya, dan agama yang diyakini dan disepakati oleh warga setempat.

Nyatanya Sunnah nabi itu, menurut KH Bahauddin Nursalim aka Gus Baha lebih mengacu kepada perilaku sosial ketimbang atribut yang lebih kepada simbol seperti sorban, gamis.

Meskipun, Gus Baha juga mengungkapkan Sunnah nabi berdasar atribut juga tidak salah. Tapi alangkah lebih baik jika Sunnah nabi mengacu kepada perilaku sosial yang diteladankan oleh Rasulullah SAW.

Perilaku sosial yang dicontohkan Rasulullah antara lain mudah memaafkan, mempunyai niat baik terhadap semua manusia, berbuat kebaikan, ihsan. Perilaku sosial lain yakni menasehati orang lain untuk kebaikan. Salah satu contoh Sunnah Rasulullah SAW yakni datang ketika dipanggil, diundang orang miskin.

“Sunnah nabi itu lewat perilaku. Hakikatnya adalah perilaku. Menurut Aisyah dalam Kitab Barzanji. Sunnah mengenakan sorban bukan sunnah yg dijawab Rasulullah,” terang Gus Baha.

Menurut Gus Baha sunnah nabi menggunakan atribut baju seperti Rasulullah SAW tetap termasuk sunnah. “Tapi bisa dibeli dengan uang,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s