Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda

Menunda pekerjaan memang kadang menyenangkan. Tapi bisa berakhir petaka. Mau?

Kamu suka nunda pekerjaan? Kamu tidak sendiri. Banyak di antara kita yang suka menunda pekerjaan.

Penyebab kita menjadi procrastinator salah satunya kita tidak menyukai pekerjaan itu. Atau kita merasa tidak mendapat penghargaan atas pekerjaan yang kita lakukan.

Faktor lain yang membuat kita menjadi procastinator yakni merasa masih ada waktu untuk menyelesaikan deadline. Dan baru sadar saat waktunya sudah mepet.

Tahu kan akhirnya yang terjadi. Outputnya tidak optimal. Kualitas pekerjaan kita tidak sebaik jika kita mengerjakannya di awal waktu. Mengapa? Karena masih ada waktu untuk merevisi, membenahi, mengedit pekerjaan kita.

Nah, berikut tips agar kita tidak lagi menunda pekerjaan hingga menjadi habit kita.

1. Kenali faktor yang menyebabkan kita menunda pekerjaan. Setelah tahu, kita bisa mencari solusi untuk keluar dari zona procrastinator.

2. Setting deadline lebih awal. Karena otak kita selalu beranggapan masih ada waktu untuk mengerjakan suatu tugas, maka langkah yang bisa kita ambil adalah menyusun deadline lebih awal dari deadline sesungguhnya.

Contohnya, deadline pekerjaan tanggal 10, maka kamu setting di otakmu tanggal 7 atau 8. So, masih ada waktu beberapa hari untuk merevisi kerjaan.

3. Ciptakan lingkungan kondusif. Salah satu faktor yang membuat kita menunda kerjaan yang seharusnya dikelarin adalah adanya gangguan-gangguan yang sifatnya menyenangkan. Sehingga kita malah terdistraksi melakukan hal lain yang menyenangkan ketimbang menyelesaikan kerjaan kita.

Hal-hal yang membuat kita terganggu dan akhirnya beralih tidak jadi menyelesaikan tugas antara lain ngobrol dengan teman, pasangan baik secara face to face maupun chat.

Adanya gangguan suara berisik, ponsel, medsos, acara TV dan masih banyak lagi. So, singkirkan dulu gangguan-gangguan tersebut agar kita bisa fokus dengan kerjaan kita.

4. Ya lakukan saja. Biar kita tidak menunda kerjaan, ya lakukan sekarang. Ga perlu menunggu setelah ngelarin ini, ngelarin itu. Eh tahu2 sudah jam 10 malam! Akhirnya begadang kan?

So, tetapkan waktu. Disiplin dengan waktu yang telah ditetapkan. Lakukan dengan fokus. Konsentrasi guys! Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s