“Kebaikan Bermula dari Hati. Bukan Penampilan.”

PicsArt_03-08-10.50.17

Menilai baik buruknya seseorang hanya dari baju akan mudah tertipu. Meski, baju menjadi salah satu standar ketaqwaan kepada Tuhan.

Yang terlihat baik, kadang sebaliknya, jahatnya naudzubillah min dzalik. Yang terlihat jahat, di luar dugaan perlakuannya ke sesama seperti malaikat. Jangan mudah terpukau dengan penampilan.

Jangan gampang menuduh buruk hanya karena penampilan. Meskipun, penampilan menjadi simbol kepatuhan seorang hamba terhadap perintahNya.

Mengapa jangan mudah terpukau dengan penampilan yang sekilas terlihat agamis? Karena setiap manusia punya sisi baik dan buruk.

Tidak ada orang yang 100 persen buruk, dan tidak ada orang yang 100 persen baik. Ada sisi abu-abu yang fleksibel bisa bermigrasi dari baik atau buruk dan buruk ke baik.

So, karena setiap manusia punya potensi baik dan buruk, bisa menjadi manusia baik sekaligus berubah jahat dan sebaliknya, sudah seharusnya kita tidak gampang menuduh, membuat judgement hanya dari tampilan belaka tanpa mempertimbangkan aspek lainnya.

Kadang yang dandanan urakan, hati dan perlakuan kepada sesama sangat baik di luar ekspektasi manusia. Sebaliknya, yang dari dandanannya kita anggap alim, hati dan perlakuannya kadang kepada sesama sangat jauh dari ajaran agama yang mulia.

Terlebih ketika kita bertemu dengan model manusia-manusia manipulatif yang memanfaatkan atribut-atribut agama untuk kepentingan diri sendiri, keuntungan diri sendiri tapi merugikan orang lain, meraih simpati, empati untuk meringankan hukuman atas kejahatan yang dilakukan.

Konklusinya, jangan gampang melabeli orang, berprasangka buruk hanya dari tampilan. Meskipun, berbaju sopan sesuai ajaran agama tetap menjadi salah satu standar kebaikan dan tuntunan.

Karena, kebaikan dan kejahatan bermula dari hati, bukan dari baju yang dikenakan. Jangan gampang silau ya. Karena engkau akan kecewa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s