Kebiasaan Buruk Berkontribusi Membuat Tubuh Gemuk

Kelebihan berat badan alias obesitas menjadi masalah bagi sebagian orang. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang membuat tubuh kita gemuk.

source : google.com

Beberapa kebiasaan yang kita lakukan tanpa kita sadari membuat tubuh kita berisi alias gemuk. Apa saja kebiasan yang berkontribusi membuat tubuh kita berisi? Berikut kebiasaan yang berkontribusi membuat tubuh kita gemuk seperti dilansir fitnessengage.com.

1. Makan Makanan Berlabel Low Fat
Banyak makanan berlabel low fat di pasaran yang mengklaim sebagai makanan sehat. Padahal menurut penelitian makanan dengan label low fat alias lemak rendah kandungan gulanya tinggi. Padahal gula menjadi salah satu sponsor utama obesitas.

2. Makan Terlalu Cepat
Makan terlalu cepat membuat proses makanan di dalam tubuh tidak berjalan dengan sempurna. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan tugas memproses makanan yang kita konsumsi.
Studi dari Universitas Rhode Island menemukan bahwa orang-orang yang makan secara perlahan dan menikmati makanan mereka hanya mengkonsumsi kurang dari 1/3 makanan yang dikonsumsi orang-orang yang makan dengan cepat dan tergesa.

3. Tidak Telat Makan
Makanlah tepat waktu. Buat jadwal kapan sarapan, makan siang, dan makan malam. Kenapa tidak dianjurkan makan telat? Ada dua alasan. Pertama, waktu pembakaran kalori lebih lama. Metabolisme tubuh melambat ketika telat makan. Sehingga ketika kita makan memerlukan waktu lama untuk membakar kalori . Kedua, ketika telat makan menyebabkan kita kelaparan. Saat kelaparan orang cenderung kalap dengan makan secara berlebihan.

4. Makan Bareng Teman yang Gemuk
Sebuah studi menemukan bahwa ketika kita makan bersama orang gemuk membuat kita makan secara berlebihan. Jika sedang dalam program diet sebaiknya lebih selektif dalam memilih teman untuk wisata kuliner. Kalaupun harus bersantap bersama mereka, berarti harus punya alarm yang mengingatkan asupan yang telah konsumsi.

5. Waktu Tidur Kurang
Porsi waktu tidur orang dewasa sebanyak tujuh hingga delapan jam. Namun, di era digital sebagian orang tidur larus karena asyik dengan dunia maya. Padahal tidur larut akan mengurangi jatah tidur. Kekurangan waktu tidur akan berimbas pada peningkatan hormon stres kortisol yang melemahkan kemampuan tubuh dalam mengolah gula menjadi insulin. Peningkatan hormon stres membuat semua kelebihan gula diubah menjadi lemak.

6. Kelelahan
Kelelahan berdampak kepada keinginan kita menyantap makanan instan alias cepat saji. Kelelahan juga membuat kita malas melakukan gerak alias olahraga. Kelelahan juga membuat kita malas memasak makanan sehat.

7. Makan dengan Piring Besar
Menggunakan piring besar berarti kita menyediakan wadah yang menampung makanan dalam jumlah besar. Sebaiknya gunakan piring kecil sehingga porsi makanan yang kita taruh di piring juga dalam jumlah kecil.

8. Ngemil Cookies
Kadang ketika kita selesai makan besar, masih terasa lapar atau masih ingin ngemil. Yang kita ambil sebagai cemilan bukan buah. Tetapi snack seperti jajanan kue kering, cookies, dan cemilan lain. Mengapa kita memilih cemilan itu? Karena kita berpikir cemilan membuat kita puas secara instan.
Nah, sudah tahu kan ternyata kebiasaa-kebiasaan di atas kontraproduktif bagi kelangsingan tubuh. Sebaiknya berpikir dua kali jika ingin melakukan kebiasaan di atas yaaaa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s