Delapan Skill yang Tidak Diajarkan di Sekolah

life skillssource: britishcouncil.gr

Keterampilan yang penting dalam hidup ini ternyata tidak diajarkan di sekolah. Apa saja delapan skill tersebut? Yang pasti skill ngepoin mantan tidak termasuk ya.

Sebagian skill penting yang kita perlukan dalam hidup ternyata tidak diajarkan di sekolah. Berikut delapan life skill penting yang tidak diajarkan di sekolah.

1. Bagaimana menjual

Sekolah tidak mengajarkan keterampilan bagaimana menjual barang atau jasa. Padahal menguasai keterampilan ini menjadi salah satu bekal dalam hidup. Karena tidak semua lulusan sekolah atau kuliah beruntung bisa bekerja di perusahaan.

2. Bagaimana bernegosiasi

Keterampilan bwrnegosiasi juga luput masuk dalam pelajaran sekolah. Padahal kemampuan negosiasi menjadi salah satu softskill yang diperlukan jika seseorang ingin menjadi leader. Negosiasi juga diperlukan dalam menghadapi sebuah masalah atau pilihan yang melibatkan orang lain.

3. Bagaimana menghadapi kegagalan

Dalam perjalanan hidup, ada kalanya sukses, tapi juga sering gagal. Sayangnya, keterampilan menghadapi kegagalan tidak diajarkan di sekolah. Padahal, pengajar bisa mengajarkan bagaimana menyikapi kegagalan dengan menyelipkan success story orang-orang sukses. Atau kegagalan seorang Thomas Alva Edison yang harus gagal ribuan kali untuk menemukan bola lampu.

4. Bagaimana mengelola waktu

Era digital membuat manusia seolah mempunyai dua dunia: nyata dan maya. Dengan kehadiran dunia maya,membuat waktu seolah kian cepat berlalu.Jika seseorang tidak bisa mengelola waktu secara bijak,ia bisa terjebak hidup dalam dunia maya. Jika aktivitas di dunia maya meliputi kegiatan positif untuk meng-up grade kemampuan diri, maka ybs memperoleh skill baru.

Tapi sebaliknya, jika aktivitas di dunia maya hanya digunakan untuk browsing hal-hal tidak penting maka akan sangat merugikan. Aktivitas lain yang merugikan seperti mantengin akun gosip di instagram, kepo kehidupan orang lain, berdebat politik yang bukan keahlian atau berhubungan dengan job-nya,stalking artis atau seleb medsos yang syarat gimmick dan tidak ada postingan yang menginspirasi hanya berbau receh, dll.

5. Bagaimana menginvestasikan uang

Sekolah tidak mengajarkan bagaimana mengelola uang dengan bijak melalui investasi yang tepat. Karena tidak diajarkan di sekolah, kadang kita melihat orang yang pintar secara akademik, tetapi tidak pintar dalam mengelola keuangannya hingga terlibat hutang kartu kredit atau rentenir dengan bunga mencekik.

Terlebih di era social media dan penggunaan kartu kredit, orang lebih gampang tergoda membelanjakan penghasilannya untuk wisata kuliner dan traveling karena melihat postingan orang lain, tanpa mempertimbangkan kemampuan finansialnya.

6. Prinsip sukses

Setiap orang ingin sukses dalam hidup. Tapi sekolah tidak mengajarkan prinsip-prinsip untuk meraih sukses dalam hidup.  Sekolah lebih mementingkan prestasi akademik dan lupa membekali siswa dengan prinsip-prinsip sukses yang bisa diaplikasikan dalam hidup mereka. Dimulai dari sukses menjadi pelajar, mahasiswa, sukses menjadi anak,  sukses dalam karir, sukses berbisnis, sukses berkeluarga, sukses bermasyarakat, menjadi pribadi sukses dalam membantu orang lain, menjadi pribadi sukses yang bermanfaat bagi orang banyak, menjadi pribadi sukses yang menjadi solusi atas permasalahan sekitar, dll.

7. Bagaimana menemukan passion

Mengetahui passion menjadi salah satu jalan meraih kesuksesan. Karena dengan menemukan passion, seseorang bisa menjadi expert, atau menjadi yang terbaik.Passion berbeda dengan hobby. Hobby lebih menyangkut kepada aktivitas yang bertujuan untuk relaksasi. Sedangkan passion tidak melulu soal relaksasi tetapi juga kesulitan, tantangan, penderitaan. Tetapi dalam kondisi sulit tersebut, seseorang tetap bertahan karena bidang tersebut merupakan passion-nya.

8. Bagaimana berkomunikasi dengan baik

Komunikasi yang baik menjadi salah satu pintu menuju kesuksesan. Dengan menguasai keterampilan komunikasi yang baik, seseorang bisa menjadi seorang negosiator, marketing ulung, motivator, dll.

Demikian delapan skill atau keterampilan yang penting dalam hidup yang tidak diajarkan di sekolah. Ayo up-grade sendiri keterampilan yang penting dalam hidup dengan cara online atau offline. Jangan menghabiskan kuota hanya untuk bergosip, stalking mantan atau gebetan. Siapa? Kamu….ya kamu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s