Berhemat ala Crazy Poor Asians

Jurus berhemat akan menjadi penyelamat ketika kondisi keuangan hampir kiamat. Kuncinya adalah buang jauh-jauh gengsimu.

Tidak setiap orang lahir dan besar dalam keluarga kaya. Ada sebagian berasal dari keluarga sederhana, bahkan jauh dari kata cukup. Atau terjebak dalam hutang karena bisnia yang dikelola bangkrut.

Bahkan ada yang karena boros tidak bisa mengatur uang. Atau karena gengsi tinggi, padahal uang tidak mencukupi alias BPJS (bujet pas-pasan jiwa sosialita). Berikut tips berhemat untuk sobat “missqueen” ala “Crazy Poor Asians”.

1. Jalan kaki untuk jarak dekat.
Tidak perlu mendengar ocehan atau nyinyiran temanmu yang selalu usil jika melihat kamu memilih jalan kaki untuk jarak dekat ketimbang naik OJOL atau ojek biasa. Coba saja hitung jika setiap hari pakai OJOL dua kali. Sekali jalan untuk jarak dekat Rp 7 ribu, sehari hanya untuk OJOL bisa Rp 14 ribu. Kalikan 20 hari jika kalian kuliah atau bekerja. Apalagi jika dihitung setahun akan sangat terasa besarnya.

2. Berinternet dengan free wifi
Sebisa mungkin batasi penggunaan internet di ponselmu. Manfaatkan sebaik-baiknya jika kalian berada di area free wifi untuk berinternet.

3. Naik busway untuk jarak menengah dan jauh
Jika kalin harus menempuh jarak menengah, dan tidak terlalu diburu waktu, manfaatkan sarana busway atau transportasi angkutan kota yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Kenapa? Tarif transport seperti busway tergolong murah. Dan ini sangat menolong dompet dan ATM kalian yang teriak-teriak karena lebih banyak kosong.

4. Paket internet paling murah.
Ambil paket internet yang paling murah. Tak perlu pura-pura lupa dengan ambil paket internet bulanan dalam jumlah lumayan. Setelah dipaketin dan pulsa habis, kalian seolah kaget dan nyaris pingsan. Kan tidak lucu gan.

4. Menelpon dengan paket telpon murah
Jika kalian harua menelpon seseorang, jangan lupa setting dengan paket telpon murah.

5. Traveling dengan tiket promo atau numpang di rumah teman.
Karena sedang berhemat, kalian harus sering bergerilya mencari tiket promo jika keinginan untuk traveling sudah ada di ubun-ubun. Strategi lain adalah numpang di rumah teman yang ada di daerah yang menjadi destinasi kalian. Tapi tetap harus tahu diri ya. Jangan mentang-mentang numpang, lupa kasih oleh-oleh. Hari gini masak ditumpangin hanya bilang terimakasih?

6. Makan sehari dua kali.
Namanya juga sedang berhemat. Adalah aib jika kalian jor-joran makan bahkan sehari sampai tiga empat kali. Itu namanya menghianati komitmen berhemat. Cukup sehari makan dua kali saja. Selebihnya, lebih banyak makan angin.

7.Membawa bekal lunch dari rumah.
Jurus ini bisa diterapkan bagi kalian yang mempunyai waktu untuk memasak. Atau di sekitar lokasi kalian ada penjual nasi yang rasanya enak dan harga bersahabat untuk tanggal tua. Kenapa tidak membeli sarapan dan makan siang di tempat tersebut? Kalau ada teman yang tatapannya sinis karena memihat kamu bawa bekal, ajak aja sekalian makan bareng. Tapi setelah itu jangan lupa bilang ke dia, besok gantian. Kalau seperti itu bukan berhemat lagi, tapi memang dasarnya pelit.

8. Jual baju layak pakai secara online
Jurus berhemat lain adalah menambah pemasukan dengan menjual baju bekas layak pakai secara online. Tapi kalian tidak perlu membeli baju baru jika baju kalian sudah terjual. Karena, apa point-nya untuk komitmen berhemat kalian?

9. Beli tas yang multifungsi bisa backpack dan dicangklong.
Karena kalian suka bergaya, sementara bujet pas-pasan, maka ketika membeli tas pun perlu dipikirkan fungsinya. Tas multifungsi seperti bisa dicangklong, sebagai backpack alias tas panggung bisa menjadi pilihan kalian.

10. Beli satu baju tapi bisa dibolak balik.

Pasti tidak enak kan, kalau tiap posting di medsos bajunya sama. Nah, agar terlihat ganti baju, belilah baju yang desainnya bisa dipakai dua sisinya alias bias side A dan side B.

11.Manfaatkan fasilitas promo ojek online.
Promo dari OJOL akan menjadi salah satu penyelamat hidupmu. Tapi sebaiknya tetap kasih tips bukan gratisan. Agar hidupmu berkah.
Demikian tips berhemat sedikit ngawur tapi banyak benarnya ala Crazy Poor Asians. Selamat mencoba.

One thought on “Berhemat ala Crazy Poor Asians

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s