Sembilan Fakta Menarik Film “Crazy Rich Asians”

Crazy Rich Asians menjadi salah satu film baru yang ditunggu-tunggu. Film Hollywood dengan bintang film Asia dan ada selipan percakapan Bahasa Indonesia di dalamnya.

IMG_20180917_121111 (1)

Film “Crazy Rich Asians” sudah rilis di Indonesia 11 September 2018. Artis papan atas di tanah air seperti Raline Shah dan Reza Rahadian hadir dalam screening film yang diadaptasi dari novel di Plaza Senayan, Jakarta.

Berikut fakta menarik mengenai film “Crazy Rich Asian” seperti dilansir dari abcnews.go.com dan vox.com.

 

1. Mempunyai makna sejarah dan budaya.
Film “Crazy Rich Asians” menceritakan seorang New Yorker yang berprofesi sebagai dosen ekonomi bernama Rachel Chu (Constance Wu) yang melakukan perjalanan ke Singapura bersama sang kekasih Nick Young (Henry Golding) untuk menemui keluarga kekasihnya yang ternyata keluarga kaya raya. Film ini disutradarai oleh Jon M. Chu dan merupakan film pertamanya menampilkan pemain Asia setelah 25 tahun di dunia perfilman.

Selain menampilkan pemain Asia, film ini juga kaya dengan budaya kuliner Tionghoa yakni dalam pembuatan kue-kue tradisional. Selain itu juga ada permainan tradisional Mahjoong yang sarat dengan filosofi.

2. Henry Golding merupakan wajah baru di Hollywood.
Berbeda dengan lawan mainnya yakni Constance Wu yang sudah membintangi film, Henry Golding, pria berwajah Asia keturunan Dayak ini merupakan wajah baru di Hollywood. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Glamour, Henry menjelaskan bahwa latar belakangnya adalah dunia broadcasting. Ia bekerja sebagai pembawa acara untuk BBC, Discovery, dan National Geographic.

3. Disukai kritikus.
Film “Crazy Rich Asian” mendapat tanggapan positif di web kritikus. Dari 60 ulasan, hanya dua yang memberikan kritik negatif. “Ini adalah dongeng sepele dan sekaligus berbobot, yang secara bersamaan menggunakan komedi romantis,” ujar Jake Coyle dari Associated Press.

4. Diprediksi akan untung.
Seperti diberitakan oleh Variety, film yang diadaptasi dari novel laris “Crazy Rich Asian” yang ditulis oleh Kevin Kwan, diproyeksikan akan menghasilkan 26 jutaan dollar AS dalam lima hari pertama penayangan di bioskop. Proyeksi tersebut dinilai bagus untuk film senilai 30 juta dollar yang digadang akan masuk dalam film hits.

5. Hampir masuk Netflix.
Sutradara John M Chu kepada reporter The Hollywood menyatakan ternyata selain digarap oleh Warner Bros, Crazy Rich Asian juga mendapat penawaran dari Netflix. Namun Chu dan Kevin Kwan memutuskan proyek film mereka ditampilkan di layar lebar.

6. Gagasan provokatif mengenai identitas Asia dan Amerika
Crazy Rich Asian mengisahkan tentang provokasi identitas Asia dan Amerika dalam diri Rachel. Seperti ketika Rachel bertemu dengan keluarga Nick. Meskipun sama-sama orang Tionghoa, Rachel lahir dan dibesarkan di Amerika Serikat. Ada perbedaan nilai yang membuat Rachel  dipandang sebagai orang luar oleh ibu Nick yang diperankan secara apik oleh Michelle Yeoh. Meskipun, Rachel menguasai bahasa Tionghoa.

7. Kevin Kwan tampil sebagai cameo di awal film.
Di awal film ada sang penulis novel Kevin Kwan yang tampil sebagia cameo.

8. Crazy Rich Asian tidak sempurna, tetapi disukai
Film Crazy Rich Asian tidak sempurna tetapi layak disukai. Pasalnya, film yang melibatkan pemain-pemain Asia di industri perfilman Hollywood terbilang langka. Film ini menjadi film pertama yang berfokus pada Asia-Amerika dalam 20 tahun terakhir. Hal yang layak disukai dari film ini adalah orang-orang Asia yang tinggal di Amerika tetapi keberadaan mereka tidak terwakili dalam budaya pop, maka film ini bagi mereka seolah menjadi kemenangan.

9. Selipan ucapan dalam Bahasa Indonesia

Dalam salah satu adegan, ketika memesan sate, Nick Young menggunakan bahasa Indonesia. “Sepuluh ayam, sepuluh daging.”

 

One thought on “Sembilan Fakta Menarik Film “Crazy Rich Asians”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s