Enam Politisi Muslim di Amerika dan Eropa

Menjadi minoritas dan mampu meraup suara tentu menjadi nilai lebih seorang politisi muslim di negara-negara dengan mayoritas dengan penduduk nonmuslim seperti Amerika dan Eropa. Pasalnya, perjuangan yang dilakukan harus lebih ekstra. Berikut lima politisi muslim di Amerika dan Eropa.

1.Keith Ellison

ellison insightnewscomsource : insighttnews.com

Keith Ellison menjadi politisi muslim pertama yang terpilih menjadi anggota dewan di Kongres Amerika Serikat perwakilan dari distrik Minnesota pada 2007. Mantan anggota Partai Buruh Tani Demokratik itu seorang mualaf.

2. Andre D Carson

carson alchetron comsource : alchetron.com

Politisi Andre D Carson menjadi muslim kedua setelah Keith Ellison yang terpilih di Kongres AS pada 2008. Carson (44) menjadi perwakilan AS untuk distrik Indiana.

3.Sajid Javid

Sajid Javid the bostonherald comsource : heraldboston.com

Nama Sajid Javid (48) masuk dalam jajaran menteri di Inggris. Ia terpilih sebagai menteri dalam negeri (mendagri). Terpilihnya Sajid menjadi fenomena langka karena ia seorang muslim yang notabene menjadi minoritas. Javid terlahir dari orang tua imigran asal Pakistan.
Javid menjadi anggota parlemen pada 2010. Sebelumnya ia bekerja di perbankan dan sudah menjadi salah satu petinggi di Chase Manhattan Bank pada usia 25 tahun. Ayah Javid bernama Abdul dulu berprofesi sebagai sopir bis kota. Abdul pindah dari Pakistan ke Inggris saat usianya 17 tahun.
“Ayah saya menetap di Rochdale dan menjadi buruh di pabrik pemintalan. Dia kemudian pindah profesi menjadi sopir bus kota karena tawaran gajinya lebih baik,” tutur Javid.

4 . Sadiq Khan

Sadiq Khan theidleman comsource : theidleman.com

Sadiq Khan menjadi salah satu politisi muslim di Eropa. Ia terpilih menjadi walikota London dari Partai Buruh untuk wilayah Tooting dari 2005 hingga 2016. Sadiq berada di sayap kiri Partai Buruh. Secara ideologi partai ini memiliki karakter sosial demokrat. Sama dengan Sajid, ayah Sadiq juga berasal dari Pakistan dan berprofesi sebagai sopir bis.

5.Sayeeda Warsi

sayeeda nativenewslive comsource : nativelive.com

Sayeeda Warsi berasal dari Partai Konservatif di Inggris. Sayeeda terpilih sebagai menteri urusan agama dan kemasyarakatan. Ia juga menjadi pejabat senior di Partai Konservatif. Namun pada 2014 Sayeeda mundur menentang kebijakan Inggris yang berhubungan dengan konflik Palestina.

6.Rashida Tlaib

Rashida tlaibsource : cbc.ca

Rashida Tlaib akan menjadi senator perempuan muslim pertama di Kongres Amerika Serikat. dari Partai Demokrat. Rshida dipastikan terpilih sebagai anggota Kongres Amerika Serikat (AS) pada pemilihan umum (pemilu) November mendatang karena ia menjadi kandidat tunggal. Seperti dilansir time.com Rashida menjadi kandidat tunggal di Michigan.
“Ini merupakan kemenangan besar bagi warga muslim Amerika dan warga Detroit,” kata Direktur Pusat Studi Arab Amerika di Universitas Michigan-Dearborn Sally Howell. Menambahkan,“Rashida Tlaib akan menjadi penerus kepemimpinan John Conyers dalam hal peranannya di Kongres dan komitmennya terhadap hak sipil,” tambahnya. Michigan merupakan salah satu wilayah yang banyak dihuni warga muslim dan keturunan Arab-Amerika.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Categories:

Artikel, Politik, traveling

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: