Tips Bebas Stres di Tempat Kerja

breathing-at-work

source: theelementsofliving.com

Bekerja tanpa didera stres menjadi impian setiap orang. Sayangnya tidak semua orang tahu solusi terbebas dari stress.

Sebagai pekerja, seringkali kita dihadapkan dengan stres yang disebabkan oleh banyak faktor. Bisa dikarenakan beban pekerjaan yang berat dan terus bertambah tanpa ada jeda, atasan yang egois, bawahan yang sulit diarahkan, teman seprofesi yang kerap menjelek-jelekkan teman kerjanya di hadapan atasan, lingkungan kantor yang tidak sehat, tuntutan pekerjaan atau target perusahaan yang harus dicapai. Atau kita stress karena memikirkan hal yang sejatinya tidak perlu dipikirkan.

Dengan banyaknya faktor yang bisa memicu stress di kantor, ada baiknya kita mencari solusi agar terbebas dari stress. Pasalnya, tanpa solusi yang tepat, kita akan didera stres berkepanjangan ketika bekerja. Berikut tips kerja bebas stress.

1.Memutus kebiasaan berpikir yang merugikan diri sendiri
Kita sering stress karena memikirkan hal-hal buruk yang anda khawatirkan. Misalnya anda stress karena takut dimarahi pimpinan yang kerap marah-marah belakangan. Meskipun anda sudah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sudah berusaha menyelesaikan dengan optimal, namun tetap takut dimarahi atau disalahkan karena pimpinan belakangan kerap memarahi karyawan. Ternyata kekhawatiran anda hanya ada dalam pikiran. Pimpinan anda malah memuji pekerjaan anda. Sebelum meeting yang digelar setelah makan siang, hampir setengah hari anda stress. Saatnya anda mulai mengenali kekhawatiran-kekhawatiran yang kerap menjadi sumber stress anda di tempat kerja.

2.Bersikap optmis
Bersikap optimis akan menepis kekhawatiran yang kerap menjadi sumber stress. Dengan memilih bersikap optimis anda akan bersemangat mengerjakan tugas.

3.Memelihara kesehatan jiwa
Kesehatan jiwa penting agar kita bisa berpikir jernih dan menjaga keseimbangan dalam hidup. Jika pikiran kita tenang, kita akan terhindar dari stress. Untuk memelihara kesehatan jiwa, anda bisa menjaga selera humor. Bercanda dengan teman kantor akan membuat pikiran rileks, tidak tegang.

4.Ada waktu jeda di pagi hari
Agar anda semangat menyelesaikan tumpukan pekerjaan yang masuk dalam to do list dan harus dikelarin hari itu juga, ada baiknya ketika di pagi hari anda ambil jeda. Jeda waktu ini bisa menjadi mood booster. Salah satu yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu jeda di awal hari, anda bisa minum the atau kopi sebagai penyemangat.
Anda juga bisa memejamkan mata sebentar sekitar 5 menit untuk membuat pikiran tenang. Setelah merasa rileks, anda bisa fokus bekerja.

5.Berangkat lebih pagi
Manfaat berangkat lebih pagi, anda tidak akan khawatir, takut datang terlambat. Kekhawatiran anda masuk terlambat karena berangkat kesiangan akan menjadi sumber stress. Dengan berangkat lebih pagi akan menghilangkan rasa khawatir karena telat masuk kerja. Manfaat lain dari berangkat lebih pagi, anda mempunyai cukup waktu untuk melakukan peregangan ringan setelah capai di perjalanan dari rumah ke kantor.

6.Siapkan bekal makanan kecil
Bekal makanan kecil berguna jika anda tidak punya waktu untuk makan siang. Sekarang banyak jajanan sehat yang praktis dibawa ke kantor. Seperti healthy cookies dengan less sugar, atau granula berisi serealia yang kaya serat.

7.Minum air putih
Dehidrasi membuat kita pusing. Agar tidak dehidrasi, anda bisa menyiapkan botol berisi air putih yang harus anda minum.

8..Letakkan foto atau benda yang menjadi penyemangat kerja

Anda bisa meletakkan foto, quotes, pepatah atau benda di meja atau dinding kubikal yang bisa menjadi penyemangat anda menyelesaikan pekerjaan.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Categories:

Karir, Tips

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: