Menjadi Yang Pertama ala Theresia Gouw

Foto theresia gouw

source: themuse.com

Theresia Gouw warga Amerika Serikat kelahiran Indonesia menjadi pemodal perempuan pertama di perusahaan ventura di Silicon Valley. Ia juga tercatat sebagai pemodal perempuan kaya versi Forbes.

Jalan hidup seorang Theresia Gouw (46) lekat dengan sebutan “Yang Pertama”. Betapa tidak, pada 1990-an Gouw tercatat sebagai investor perempuan pertama di perusahaan modal ventura Palo Alto, Accel Partners. Ia kemudian menjadi perempuan pertama yang menjadi mitra Silicon Valley setelah pindah dari Accel Partners dan mendirikan Aspect Venture. Aspect Venture menjadi perusahaan dengan owner perempuan di bawah Silicon Valley.

Sebelumnya Gouw juga menjadi orang pertama dari SMAnya di kota kecil yang kuliah di Brown University. Hanya sekitar 40 persen teman SMAnya yang melanjutkan ke bangku kuliah. Gouw mengambil jurusan teknik. Selama magang musim panas di General Motors dan British Petroleum, Gouw menemukan passion-nya dalam pengembangan bisnis.

“Saya bekerja di gedung dengan seribu insinyur, dan saya menyadari apa yang paling saya sukai adalah manajemen produk,” terangnya menambahkan, “Tetapi orang-orang yang pindah dari teknik dan ke manajemen produk semua bergelar MBA,” terang Gouw seperti dilansir forbes.com. Kondisi tersebut mendorongnya kuliah lagi di Stanford University untuk meraih MBA. Sebelumnya Gouw menjadi konsultan manajemen di Bain & Company di Boston setamat dari Brown University pada 1990.

Tak lama setelah lulus dari Stanford University pada tahun 1996, Gouw bekerjasama dengan beberapa teman sekelasnya. Gouw bersama teman-temannyamengumpulkan 1 juta dollar AS untuk mendirikan perusahaan software yang memungkinkan pembayaran dalam industri perangkat lunak.

“Kami tumbuh menjadi ukuran yang wajar sekitar 1998 hingga 1999 dan kami bersiap-siap untuk mengajukan S-1 dan go public,” terang Gouw menambahkan, “Tetapi pada saat yang sama, kami berada di perubahan CEO ketiga kami dalam 12 bulan, jadi saya pikir itu mungkin bukan pertanda baik untuk saham saya.”

Gouw kemudian pindah ke modal ventura. Perjalanan masuk ke modal ventura mempertemukan Gouw dengan Accel sebagai mitra investasi pada tahun 1999. Selama 15 tahun di Accel, Gouw memimpin serangkaian investasi yang sangat sukses termasuk situs real estate listing Trulia dan firma cybersecurity Imperva. Kedua firma tersebut sekarang menjadi perusahaan publik.

Perempuan Pemodal Ventura Terkaya Versi Forbes
Kini Gouw menjadi perempuan pertama yang menjadi pemodal ventura di Silicon Valley. Tahun ini Gouw terdaftar di Forbes dengan perkiraan kekayaan bersih 500 juta dollar Amerika. Sebagian besar kekayaan Theresia diperoleh setelah Accel berinvestasi di Facebook.

“Kami telah melihat banyak platform media sosial lain sebelumnya dan beberapa dari mereka benar-benar memiliki lebih banyak pengguna,” kata Gouw. “Tetapi kami belum pernah melihat sesuatu seperti penggunaan aktif harian Facebook pada saat itu. Dua pertiga pengguna menggunakannya setiap hari, dan setengah dari mereka menggunakannya dua jam sehari. Itu adalah layanan dan platform yang sangat berarti, dan itu adalah hal yang sangat menonjol saat itu. ”

Kurang dari dua tahun setelah IPO rakasa Facebook pada Mei 2012, Gouw meninggalkan Accel untuk mendirikan perusahaan ventura sendiri, Aspect Ventures. Didukung oleh sesama investor veteran seperti Jennifer Fonstad Gouw memulai bisnis dengan uang mereka sendiri. Aspect menjadi perusahaan ventura yang tahap awalnya berfokus pada keamanan dunia maya, masa depan proses kerja, kesehatan digital dan perangkat lunak kesehatan.

“Saya mendirikan Aspect dengan ide untuk menciptakan usaha seperti pada akhir 1990-an, dengan menciptakan dana yang hanya berfokus pada tahap awal,” kata Gouw. “Di satu sisi, kami ingin menjadi cukup besar untuk memimpin putaran itu, tetapi di sisi lain, kami juga ingin menjadi kecil dan cukup gesit sehingga kami dapat melakukan sindikasi dengan perusahaan lain mengenai investasi.”

Aspek mencetak keuntungan miliaran dolar ketika perusahaan cybersecurity ForeScout terdaftar sebagai perusahaan publik pada Oktober tahun lalu. Untuk Gouw, itu adalah investasi IPO keempat dalam karirnya. “Pergi ke depan adalah seperti ketika anak-anak lulus dari perguruan tinggi dan memasuki dunia nyata. Ini selalu benar-benar menarik.”
Gouw juga tercatat sebagai anggota pendiri All Raise, sebuah organisasi yang mendukung keberhasilan pendiri dan investor perempuan di Silicon Valley. Organisasi ini menciptakan Founders for Change yakni sebuah ikrar oleh 600 pendiri startup untuk meningkatkan keragaman. “Benar-benar ada banyak kegembiraan dan antusiasme untuk keberagaman,” kata Gouw. “Aku sangat senang menjadi bagian dari itu.”

Lahir di Indonesia

Fakta menarik seputar Theresia, ternyata pebisnis global ini lahir di Indonesia. Terlahir dari orang tua beretnis Tionghoa, pada awal tahun 1970-an ketika Gouw berusia tiga tahun Gouw dan orang tuanya bermigrasi ke Amerika.
“Kami meninggalkan pada akhir revolusi politik [Suharto] ketika orang-orang etnis China menjadi sasaran,” tutur Gouw. Saat itu ayah Gouw seorang dokter gigi dan ibunya adalah perawat. Tetapi mereka berdua dipaksa memulai karier baru ketika terpaksa pindah ke Amerika Serikat.

“Ayah saya mendapat pekerjaan sebagai pencuci piring dan kembali ke sekolah di SUNY Buffalo untuk mendapatkan sertifikasi giginya untuk bekerja di Amerika,” terang Gouw.
Gouw kini telah menjadi perempuan pertama yang dicatat sebagai pemodal ventura di Sillicon Valley. Namanya juga tercatat di Forbes. Peristiwa sedih yang menimpa keluarganya saat ia kecil, tidak menjadikan orang tuanya patah arang. Mereka melanjutkan hidupnya dan membesarkan anak perempuan yang kini menginspirasi perempuan lain di dunia untuk berani menjadi pionir, pendobrak.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: