Dua Eks Politisi Perempuan Cerdas Tapi Korupsi

Di antara deretan perempuan yang pernah berkarir di dunia politik, dua nama ini dikenal sebagai sosok pintar. Namun sayangnya, keduanya tersangkut kasus korupsi. Keduanya pun harus tinggal di hotel prodeo. Salah satunya kini sudah bebas dari penjara. Mereka adalah Angelina Sondakh dan Wa Ode Nurhayati.

 

Foto Angelina Sondakh

source: jpnn.com

Siapa yang tidak kenal dengan Angelina Sondakh. Lahir New South Wales, Australia, Angie beberapa kali menang kontes ajang ratu kecantikan. Puncaknya pada 2001 Angie terpilih sebagai Puteri Indonesia. Menariknya pada tahun 2004 Angie masuk dunia politik dan langsung menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat. Angie, demikian ia disapa, juga terpilih menjadi anggota DPR.

Kala karir politiknya moncer, banyak perempuan berdecak kagum sekaligus iri atas capaian kehidupan Angie. Bukan hanya karirnya yang cemerlang. Angie juga mempunyai keluarga harmonis dengan suami yang juga berprofesi sebagai anggota dewan alm Adjie Massaid. Juga anak-anak lucu hasil pernikahannya dengan alm Adjie yakni Keanu dan dua anak Adjie dengan mantan istri terdahulu.

Kehidupan Angie nyaris sempurna. Terlebih saat itu Angie yang menamatkan pendidikan Pasca Sarjana Komunikasi Politik di FISIP Universitas Indonesia (UI) juga tengah tercatat sebagai mahasiswa doctoral di FISIP UI. Untuk gelar sarjana, Angie kuliah di Universitas Atmajaya. Pencapaian akademik Angie tak bisa dilepaskan dari sosok ayahnya yang pernah tercatat sebagai rektor. Di dunia entertain dan parlemen Angie juga dikenal sebagai perempuan cerdas.

Namun, tingkat kecerdasan seseorang tidak linear dengan akhlak. Banyak orang cerdas di negeri ini yang tersangkut kasus korupsi yang merugikan negara dan masyarakat. Angelina salah satunya. Sebelum terkena kasus korupsi, Angie juga tertimpa musibah dengan meninggalnya sang suami.

Angelina Sondakh harus meringkuk di hotel prodeo meninggalkan tiga orang anaknya karena terlibat kasus korupsi pada 2012. Angie terlibat kasus korupsi Wisma Atlet dengan posisinya sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) yang mengesahkan dana wisma atlet.

Terkait kasus korupsi tersebut, Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis hukuman 4,5 penjara ditambah denda Rp 250 juta subsider kurungan enam bulan. Angie terbukti menerima suap sebesar Rp 2,5 miliar dan 1,2 juta dolar AS. Angie kemudian banding dan hukuman menjadi penjara selama 10 tahun dengan denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan. Majelis Kasasi menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti setara Rp 40 miliar.

Setelah dipenjara, Angie kemudian memutuskan berhijab. Ia juga hafal belasan juz Al Quran. Terkait dengan perubahan pribadi Angie yang lebih religious selama di tahanan, sebagian warganet kagum dan melupakan kejahatan korupsinya. Saat tinggal di hotel prodeo Angie juga menikah dengan suami keduanya bernama Iman Brotoseno.

Wa Ode Nurhayati

wa ode nurhayati

source: detik.com

Wa Ode Nurhayati menjadi salah satu politisi perempuan yang cukup menjadi sorotan karena vokal dan pintar. Lulusan dari STIA Karya Dharma sekaligus alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini masuk parlemen melalui kendaraan Partai Amanat Nasional (PAN). Di kalangan HMI Wa Ode bukan nama asing. Selain masuk dunia politik, istri Tony Akbar Hasibuan itu juga menjalankan beberapa bisnis keluarga. Sayangnya karir politik Wa Ode atau biasa disebut WON diciderai oleh ulahnya sendiri karena mencuri uang rakyat alias korupsi yang merugikan negara dan rakyat dalam jumlah miliaran.

WON yang saat itu sebagai anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat didakwa menerima suap Rp 6,5 miliar terkait pengalokasian dana penyesuaian infrastruktur daerah (DPID). Suap tersebut terkait dengan posisi WON sebagai Badan Anggaran DPR. Bukan hanya itu, WON juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang.

Sebagai konsekuensi atas perilaku koruptifnya, Wa Ode dihukum pidana enam tahun penjara. Karena Wa Ode terbukti menerima suap terkait pengalokasian Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) dan melakukan tindak pidana pencucian uang atas kepemilikan uang sebesar Rp 50,5 miliar dalam rekeningnya. Seperti dilansir kompas, selain hukuman pidana, Wa Ode juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 500 juta yang dapat diganti dengan enam bulan kurungan.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Categories:

Artikel, News, traveling

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: