Chiara Ferragni: Dari Selebgram Menjadi Pebisnis Global

 

IMG_20180710_225833

 

Chiara Ferragni menjadi selebgram fenomenal yang sukses membangun kerajaan bisnis fesyen dengan namanya sendiri. Bagaimana perjalanan Chiarra hingga seperti sekarang?

Nama Chiara Ferragni tidak asing bagi sebagian besar pengguna platform Instagram. Perempuan asal Italia dengan followers 13,4 juta yang baru saja melahirkan anak pertama buah cintanya dengan tunangannnya itu sukses membangun brand sepatu dengan merek namanya sendiri.

Sebelum aktif di Instagram, Chiara adalah seorang blogger yang kerap memposting tulisan soal fashionnya di blog miliknya The Blonde Salad. Saat ngeblog Chiara masih tercatat sebagai mahasiswa di Bocconi University. Ia mulai ngeblog sekitar tahun 2009. Saat itu Chiara mengaku menulis di blog saat ia memiliki waktu di sela-sela jadwal kuliahnya dan profesinya sebagai fashion designer.

Siapa nyana dari blog kemudian Instagram Chiara mendapat banyak tawaran kerjasama. Terlebih setelah Chiara aktif memposting di Instagram. Ia kerap diundang menghadiri event fesyen bergengsi di Paris Perancis, Milan Italia, hingga New York.

Dari kerjasama membuat produk dengan brand-brand global, pendapatan Chiara dan timnya pada tahun 2015 seperti dilansir forbes.com sekitar 9 juta dollar AS atau sekitar Rp 128,9 miliar. Wow! Padahal saat itu Chiara belum mengeluarkan produk sendiri. Ia hanya bekerjasama dengan brand global seperti Gucci dan Guess. Meskipun sudah meraup banyak pundi-pundi dari kerjasama tersebut, dalam hati Chiara tetap ingin  mengeluarkan produk sendiri.

Setelah mendapat penghasilan besar dari partnership dengan brand ternama, Chiara dan timnya mulai memproduksi lini bisnis sendiri. Ia mempekerjakan sekitar 20 orang karyawan untuk membuat sepatu dan aksesoris fesyen.

Siapa nyana sepatu Chiara mendapat respons luar biasa di pasaran. Kini sepatu Chiara Ferragni menjadi salah satu merek yang diburu oleh kaum hawa termasuk sebagian perempuan di Indonesia. Sepatu dengan emoji mata dan bulumata itu menjadi salah satu koleksi favorit perempuan urban. Padahal harga sepasang sepatunya tidak murah sekitar Rp 2,8 juta hingga Rp 3 jutaan. Sedangkan tas koleksi Chiara dibandrol dengan harga Rp 4 jutaan.

Sukses memproduksi sepatu sendiri, Chiara tidak menutup partnership dengan merek global. Pada Mei lalu Chiara kembali mengeluarkan koleksi terbaru model sepatu kets berkolaborasi dengan Converse.

Platform sepatu Chiara Ferragni x Converse hampir sama dengan model sepatu Chiara sebelumnya lengkap dengan emoji mata dengan bulu mata yang panjang. Hanya modelnya yang berbeda yakni berbentuk kets. Karena partnership dengan Converse,  maka selain gambar emoji mata khas Chiara, terdapat juga gambar bintang yang menjadi  ciri khas Converse dan merek Converse di bagian belakang sepatu. Juga garis merah khas Converse yang membatasi badan sepatu dan alas sepatu.

Sepatu kets dengan tampilan glitter itu dihadirkan dalam empat pilihan warna seperti hitam, light grey, dark grey, dan gold. Meskipun tampilannya dalam bentuk glitter, sepatu Chiara x Converse tetap mempunyai kesan sporty, elegan, dan simple. Harga sepatu kets Chiara x Converse di online shop Malaysia dibandrol sekitar 700 hingga 750 Ringgit Malaysia atau sekitar  Rp 2,499 juta hingga Rp 2,678 juta. Harga tersebut jauh lebih murah ketimbang yang dibandrol salah satu online shop tanah air yakni Rp 3,5 juta.

Bukan hanya memproduksi sepatu, Chiara Ferragni Collection juga membesut koleksi baju pantai, pakaian olahraga, tas, dan pants tetap dengan emoji mata dan bulu mata khas produk Chiara. Sukses membesut fesyen untuk dewasa, kini Chiara juga memproduksi fesyen untuk anak-anak. Produk Chiara Ferragni kids dijual di pusat perbelanjaan di Italia bernama  Rinascente.

Pada akhir 2017 lalu produk Chiara Ferragni dijual di 350 store di dunia. Ia juga menambah puluhan store di Cina. Chiara Sang The Blonde Salad kini telah bermetamorfosa menjadi salah satu pebisnis perempuan yang diperhitungkan. Namanay kerap menghiasai artikel bisnis. Bahkan sukses bisnisnya menjadi kasus menarik di Universitas Harvard. Chiara  telah tumbuh menjadi wanita dewasa dan menjadi seorang ibu. Bukan lagi seorang mahasiswa yang menulis blog sambil nyambi menjadi fashion designer.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: