Menjadikan Hidup Lebih Bermakna

AMeaningfulLife-1-1-17_Image-1080x675

source : elemence.net

Hidup menjadi lebih bermakna jika kita bisa berperan sebagai lampu penerang, sekoci penyelamat, atau tangga yang menjadi jalan bagi orang yang dibawah menuju tujuan yang diinginkan.

Be a lamp, or a lifeboat, or a ladder. – Rumi

Menjadikan hidup kita lebih bermakna tidak mungkin tercipta tanpa adanya relasi dengan sesama dan makhluk hidup di sekitar kita. Hidup lebih bermakna jika keberadaan kita memberi arti, manfaat bagi sesama atau makhluk hidup di sekitar kita. Hidup bermakna sulit diperoleh dari sebuah pola relasi yang dibangun untuk mengejar gengsi, untuk mendapatkan benefit secara materi dari relasi yang dijalin.

Sufi besar abad ke13 yang mempunyai pengaruh kuat dan masih sangat terasa hingga sekarang, Jalaluddin Rumi menjabarkan pemaknaan hidup melalui pola hubungan antar manusia sebagai lampu (lamp), sekoci (lifeboat), atau tangga (ladder).
Pepatah Rumi dijabarkan oleh psikolog bernama Dr Leslie Becker-Phelps Ph.D seperti dilansir di psychtoday.com sebagai berikut.

Lampu
Pribadi yang berperan sebagai lampu adalah yang mampu menjadi cahaya bagi hidupnya dan orang lain di sekitarnya. Ia menjadi inspirasi bagi orang yang kesulitan dalam hidupnya. Ia menjadi penerang bagi orang yang merasakan ketidakadilan untuk tetap bisa berpikir jernih dan bijak serta bertindak secara tepat.

Sekoci
Menjadi sekoci artinya anda menjadi penyelamat hidup anda sendiri dan orang-orang yang sedang terbelit masalah. Anda datang menawarkan bantuan kepada orang yang sedang tertimpa kesusahan. Anda berada di sana untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan. Anda datang menawarkan bantuan seperti melunasi hutang orang kurang mampu yang digunakan untuk berobat, melahirkan, melanjutkan jenjang pendidikan dll.

Tangga
Hidup bagi sebagian orang terasa sangat sulit. Karena mereka tidak tahu cara menyelesaikan masalah. Kalau pun tahu cara menyelesaikan masalah, mereka dibatasi dengan keadaan yang pas-pasan. Sehingga untuk meningkatkan kesejahteraan, menggapai mimpi terasa sangat sulit. Mereka yang hidup di lingkungan kalangan kurang mampu wawasannya terbatas dan jarang mendapat masukan. Atau mereka yang sudah mengecap bangku kuliah dan lulus, sudah berusaha mencoba mencari pekerjaan melamar ke berbagai perusahaan, namun nasib baik belum berpihak. Atau sudah berusaha keras membanting tulang berwirausaha, ternyata usahanya sering mengalami kegagalan.

Orang-orang yang stuck tetapi mempunyai semangat maju, mempunyai keinginan hidup lebih baik memerlukan tangga yang bisa membawa mereka mencapai tujuan. Mereka membutuhkan orang yang menjadi perantara, akses untuk membawa mereka mencapai mimpi. Anda bisa menjadi tangga agar orang lain maju, bisa meraih mimpi-mimpinya untuk kehidupan yang lebih baik.

Menjadi tangga bisa diartikan anda memberi rekomendasi jika ybs perlu rekomendasi untuk bekerja, memberi link atau jaringan kepada yang kesulitan untuk bekerja, berobat, dll. Atau anda menjadi mentor bagi lulusan kuliah yang kesulitan dalam menjalankan bisnisnya.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka @susan_rock13 YouTube @elpechannel

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: