Dampak Bermedsos Selama Jam Kerja. Mana Menurutmu Yang Sangat Mengganggu.

IMG_20180709_160733

Tidak membuka media sosial (medsos) selama jam kerja menjadi salah satu tips agar pekerjaan lebih cepat kelar sesuai dengan jadwal. 

Salah satu resep jitu orang Jerman bekerja efektif adalah tidak membuka media sosial ketika mereka bekerja. Mereka hanya fokus kepada pekerjaannya. Dengan fokus hanya kepada pekerjaan mereka bisa bekerja tanpa gangguan.

Strategi tidak melihat media sosial seperti instagram, youtube, facebook, twitter dan lain-lain akan sangat menguntungkan bagi pekerja. Terlebih pekerja yang membutuhkan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Mengapa tidak membuka medsos sangat membantu kita bekerja lebih efisien? Karena tanpa kita sadari saat ini medsos merupakan faktor pengalih perhatian atau pengganggu dalam pekerjaan selain e-mail dan telepon. Keberadaan e-mail dan telepon tentu penting dan tidak boleh diabaikan bagi pekerja yang berada di posisi sebagai customer service, atau bagian fron line.

Demikian juga membuka medsos selama jam kerja juga urgen bagi bagian CS atau compiance bagian social media.  Karena dia harus merespons keluhan customer melalui media sosial. Namunh, di luar bagian tersebut, membuka medsos hanya akan membuat pekerjaan kurang efektif. Mengapa?

Rasa Ingin Tahu

Keinginan kita mengetahui kehidupan orang lain kerap menghabiskan waktu kita. Waktu kita terbuang percuma hanya membuka medsos orang lain yang tidak ada kaitannya dengan kehidupan kita. Rasa ingin tahu pada kehidupan orang lain akan membuat kita penasaran dan tanpa sadar akan terus men-scroll gambar-gambar yang akhirnya menghabiskan jam kerja kita untuk kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan kita. Kepo membuat kita merasa tidak pernah cukup untuk menyudahi berselancar di medsos.

Mengurangi Alokasi Jam Kerja

Seharusnya kita bekerja menyelesaikan pekerjaan, namun karena keasyikan membuka media sosial akhirnya pekerjaan terbengkalai. Pasalnya seharusnya kita mengerjakan tugas kita, kita malah menghabiskan waktu mantengin media sosial. Akhirnya pekerjaan tidak kelar sesuai schedule.

Tidak Fokus

Berselancar di media sosial diakui atau tidak membuat pikiran kita terbagi antara melihat media sosial dan urusan pekerjaan. Apalagi jika kita bekerja sambilo sesekali mengintip status atau postingan teman di medsos. Akhirnya kita salah tulis, salah hitung, atau salah menganalisa karena kurang fokus.

Output Tidak Optimal

Kerap membuka medsos saat jam kerja akan mengurangi jatah waktu kita menyelesaikan tugas. Akibatnya, hanya ada sedikit waktu atau tidak ada waktu untuk menoreksi, merevisi hasil akhir pekerjaan. Dampaknya output yang kita serahkan kualitasnya bukan yang terbaik dari kita. Karena kita bekerja secara terburu-buru.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka @susan_rock13 YouTube @elpechannel

Categories:

Karir, Tips

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: