Menjaga BB Ideal dengan Berbuka Puasa yang Tepat

Puasa tidak selalu identik dengan berat badan turun. Berikut tips menjaga BB stabil saat berbuka puasa.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan seharusnya membuat berat badan kita turun. Atau minimal berat badan kita stabil. Tapi ternyata malah banyak di antara kita yang berat badannya naik.

Nah, bagaimana agar puasa membuat BB kita stabil bahkan turun? Simak ya tips berikut.

1. Awali buka puasa dengan air putih. Kebanyakan kita saat buka puasa menjadi lapar mata. Ingin makan martabak, gorengan, soto mie, kolak, es buah, lontong, asinan, dan masih banyak lagi. Akhirnya melupakan air putih yang berperan penting dalam rumus diet atau hidup sehat.

Untuk mendapatkan BB stabil atau turun, sebaiknya buka puasa dengan minum air putih minimal 500 ml. Mengapa? Karena seharian tubuh kita kehilangan cairan. So, tubuh kita memerlukan pengganti cairan agar tidak terjadi dehidrasi. Meskipun, otak kita malah menginginkan gorengan, kolak, dan teman-temannya.

2. Hindari mengawali buka dengan makanan padat karbo simpleks

Kalau kita mengawali berbuka dengan makanan padat seperti lontong, gorengan, martabak, dll keinginan minum air putih akan hilang karena perut sudah kenyang.

Celakanya, makanan padat yang kita konsumsi termasuk mengandung karbo simpleks yang harus langsung digunakan sebagai energi. Kalau kita tidak banyak bergerak, maka makanan padat tersebut akan tertimbun menjadi lemak.

3. Hindari mengawali buka puasa dengan es buah manis atau kolak.

Sebenarnya minum es buah yang tidak menggunakan gula alias diganti dengan sirup maple atau madu, itu bagus. Tapi, sebaiknya tidak dilakukan di awal. Lebih baik minum air putih terlebih dahulu.

Mengkonsumsi kolak atau es buah dengan kandungan gula dan susu akan membuat gula darah langsung naik, atau sugar spike.

Konsumsi makanan manis di awal buka puasa juga akan menghilangkan nafsu makan. Minuman manis ini menyebabkan BB naik karena gula simpel dari es buah atau kolak akan langsung diproses menjadi lemak jika tidak dikeluarkan dalam bentuk energi.

4. Setelah minum air putih, bisa minum jus buah tanpa gula.

Jika tetap ingin mengkonsumsi buah di awal buka puasa, pilihlah jus tanpa gula agar cepat dicerna oleh organ pencernaan kita.

5. Hindari minum minuman isotonik

Kendati tubuh kita kehilangan cairan selama seharian, bukan berarti minum cairan isotonik di pasaran itu aman bagi BB kita. Cairan isotonik di pasaran tidak baik bagi kita yang menginginkan BB stabil atau turun. Karena cairan ini biasanya mengandung kadar gula dan garam dalam jumlah tinggi.

6. Konsumsi makanan probiotik
Makanan probiotik adalah makanan yang mengandung bakteria baik yg membantu proses pencernaan.

Sebaiknya yang kita konsumsi adalah preobiotik tanpa gula tambahan. Seperti kimci, yoghurt yang plain tanpa tambahan gula,dll.

Asupan dari probiotik akan memperlancar pencernaan kita untuk kegiatan buka puasa dengan menu inti alias makanan besar.

7. Konsumsi makanan prebiotik
Makanan prebiotik berfungsi seperti suplemen bagi bakteri baik. Artinya dengan makanan prebiotik bakteri baik bisa sehat dan gesit. Sumber makanan prebiotik bisa diperoleh dari pisang dan kacang-kacangan.

8.Setelah mengkonsumsi tujuh makanan tersebut, bisa jeda dengan sholat isya.

9.Setelah sholat isya, baru mengkonsumsi makanan besar. Tetapi tetap diusahakan mengkonsumsi makanan karbo kompleks. Artinya makanan yang lebih rumit diolah dalam proses pencernaan, tidak langsung diubah menjadi lemak kalau kita tidak banyak bergerak. Contohnya nasi merah plus sayur bayam dan tempe goreng.

Nah, setelah makan nasi, saatnya makan kolak atau es buah. Jika kegiatan makan dessert dilakukan di bagian akhir, jumlah yang dikonsumsi akan cenderung lebih sedikit. Mengapa? Karena kita sudah kenyang. Beda kalau kita mengkonsumsi kolak, es buah dengan gula dan susu di awal buka puasa.

Selamat berpuasa. Selamat berbuka puasa dengan pilihan makanan yang sehat.

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: