Stephen Hawking Baru Bisa Membaca di Usia 8 Tahun! 13 Fakta Mengejutkan Tentang Sang Ilmuwan.

stephen hawking guardian

source the guardian.com

Nilai-nilai pelajaran Stephen Hawking terburuk di kelas saat usia 9 tahun. Tapi ia dijuluki sebagai Einstein di kelasnya!

Ilmuwan Stephen Hawking meninggal dunia pada 14 Maret 2018. Setelah lebih dari 5 dekade dokter memvonis ia tidak akan hidup lama lagi saat usianya 21 tahun. Teori dan gagasan Dr. Hawking mengubah cara pandang kita bukan hanya tentang ruang dan waktu.

Berikut fakta menarik tentang Dr. Hawking yang menggambarkan kehidupan menakjubkan yang dijalani seperti dirilis scoopwhoop.com dan science.howstuffworks.com.

1. Stephen Hawking lahir pada peringatan kematian Galileo dan meninggal pada tanggal lahir Einstein.
Stephen Hawking lahir pada 8 Januari 1942 bertepatan dengan peringatan 300 tahun kematian Galileo. Menariknya, ia meninggal pada 14 Maret yang merupakan hari kelahiran Albert Einstein (scoopwhoop.com).

2. Murid biasa di sekolah
Sulit dipercaya ternyata ilmuwan yang mengubah cara pandang kita tentang lubang hitam (black hole) dan alam semesta tidak mendapat nilai bagus di sekolah. Bahkan Hawking baru bisa membaca saat berusia 8 tahun. Nilai-nilai Hawking terburuk di kelasnya ketika berusia 9 tahun. (sumber : Larsen).

3. Tidak menyukai biologi
Ayah Stephen Hawking ingin Hawking masuk fakultas kedokteran. Tetapi, Stephen Hawking tidak menyukai biologi. Menurut dia biologi “tidak terlalu tepat atau pasti (eksak), terlalu deskriptif” . Padahal Hawkings ingin mempelajari konsep yang lebih tepat dan terdefinisi dengan baik. (sumber: Hawking)

4. Dijuluki Einstein di sekolah.
Karena hobby menciptakan sesuatu Hawkings dijuluki Einstein di sekolah. Padahal nilai-nilai pelajaran Hawking jelek. Tetapi ia bersama teman-temannya bisa merakit komputer. Hawkings juga memiliki pemahaman yang luar biasa tentang ruang dan waktu yang mengejutkan semua orang. (schoopwhoop.com)

5. Anggota tim dayung Oxford.
Stephen Hawking masuk ke Oxford pada usia 17 tahun dengan beasiswa penuh. Di Oxford Hawkings bergabung dengan tim dayung perguruan tinggi karena pada awalnya ia merasa kesepian. Hawking berperan sebagai pengendali arah bukan anggota yang mendayung. Ia berhenti setelah didiagnosis menderita penyakit langka saat berusia 21 tahun. Bahkan Hawking disebut sebagai “tipe petualang” (sumber : Larsen).

6. Salah satu penemuan terbesarnya adalah teori ‘the boundless universe” alias alam semesta tanpa batas.
Salah satu pencapaian terbesar Hawking adalah menciptakan teori bahwa alam semesta tidak terbatas bersama dengan koleganya bernama Jim Hartle pada tahun 1983. (schoopwhoop.com).

7. Pernah kalah bertaruh mengenai black hole.
Stephen Hawking berpendapat bahwa informasi yang masuk ke dalam black hole alias lubang hitam akan hancur setelah terjadi penguapan. Dia membuat taruhan mengenai hal tersebut dengan sesama ilmuwan. Namun kemudian muncul informasi yang paradoks yang mengatakan bahwa konsep tersebut bertentangan dengan peraturan mekanika kuantum. (schoopwhoop.com)

8. Muncul beberapa kali di program animasi di TV dan film
Stephen Hawking pernah hadir dalam versi animasi di The Simpsons dengan suaranya sendiri. Dia juga terlihat di Star Trek: Next Generation dengan berbagi lelucon dari Einstein dan Newton. Hawking juga tampil dalam pertunjukan dokumenter seperti Stephen Hawking: Master of the Universe dan Into the Universe with Stephen Hawking. (schoopwhoop.com).

9. Bukunya ‘A Brief History of Time’ adalah buku terlaris pada masanya.
Buku Stephen Hawking berjudul ‘A Brief History of Time’ muncul di daftar best seller alias buku terlaris British Sunday Times memecahkan rekor penjualan selama 237 minggu. (schoopwhoop.com)

10. Penulis buku anak.
Stephen Hawking bersama putrinya bernama Lucy Hawking berkolaborasi menulis buku untuk anak-anak berjudul “George’s Secret Key ke Semesta.” Buku tersebut menceritakan kehidupan anak kecil yang menyukai teknologi namun orang tuanya tidak setuju. Hawking juga menulis sekuelnya dengan judul “George’s Cosmic Treasure Hunt”. (schoopwhoop.com).

11. Diajak ilmuwan mengikuti penerbangan dengan gravitasi nol
Stephen Hawking dibawa ilmuwan ikut serta dalam penerbangan dengan gravitasi nol milik Zero Gravity Corp. Saat dalam penerbangan tersebut Hawking di angkat dari kursi rodanya dan ia melayang di dalam badan pesawat. Hal tersebut membuatnya bahagia. (schoopwhoop.com)

12. Percaya pada kemungkinan adanya aliens
Saat peringatahn ulang tahun NASA ke 50 pada 2008, Stephen Hawking tampil sebagia pembicara. Ia mengungkapkan bahwa mengingat luasnya alam semesta, pasti ada kehidupan alien primitif di luar angkasa, dan mungkin juga ada kehidupan lainnya. Bahkan dalam film dokuementer miliknya Hawking juga menayang salah satu episode soal aliens. (science.howstuffworks.com)

13. Memperoleh Banyak Penghargaan
Pada tahun 1974 Stephen Hawking dilantik menjadi anggota Royal Society (akademi sains kerajaan di Inggris). Setahun kemudian Paus Paul VI memberi penghargaan. Hawking juga menerima medali emas Pius XI untuk ilmu pengetahuan. Hawking juga dianugerahi Albert Einstein Award dan Hughes Medal. Hawking pada tahun 1979 menjadi Profesor Matematika Lucasian di Universitas Cambridge di Inggris. Pada tahun 2009 Hawking dianugerahi sebagai anggota kehormatan sipil tertinggi Amerika Serikat dari Presidential Medal of Freedom. (science.howstuffworks.com)

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka YouTube @elpechannel

Categories:

Artikel, News

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: