Hujan Rontokkan Sakura di Cibodas

Kini untuk melihat cantiknya bunga Sakura tidak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Pasalnya, kini ada taman sakura di Kebun Raya Cibodas (KRC).

Namun, untuk menikmati bunga sakura, pengunjung lebih baik mencari informasi kapan bunga asal Jepang itu mekar. Karena bunga ini tidak mekar sepanjang tahun.

Dalam setahun pohon sakura di KRC berbunga dua kali yakni pada Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Meski ada patokan bulan, lebih baik tetap mencari informasi mengenai kapan sakura di KRC berbunga. Pasalnya, tren sakura mekar setiap tahun berbeda-beda.

Tahun 2017 sakura di KRC mekar pada Februari seperti diunggah di laman FB KRC. Namun tahun ini sakura di KRC mekar pada awal hingga pertengahan Januari seperti diunggah di laman FB KRC dan postingan netizen.

Meski sakura mekar pada pertengahan Januari tahun ini, tapi tidak menjamin pengunjung bisa melihat sakura mekar. Karena bunga sakura akan rontok jika curah hujan lumayan tinggi.

Memasuki minggu ketiga Januari 2018,curah hujan lumayan tinggi. Alhasil sakura rontok dan pengunjung yang ingin melihat bunga dengan rona merah muda di KRC tersebut, hanya bisa melihat batang, ranting, dan sedikit daun sakura. Karena bukan hanya bunga sakura saja yang rontok, daun sakura juga ikut rontok.

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas dibangun pada Maret-Desember 2007 dengan luas 6.647 meter persegi.

Terdapat empat jenis pohon sakura di KRC yakni Prunus cerasoides D. Don, Prunus arborea (Blume) Kalkman, Prunus costata (Hemsl) Kalkman, dan Prunus Sp.

Menariknya, di antara pohon-pohon sakura yang terlihat meranggas karena bunga dan daun rontok akibat hujan, mengalir sungai dengan air yang jernih.

Di atas sungai yang dikepung pohon sakura ini terdapat jembatan yang instagramable. Jembatan ini memang menjadi salah satu spot favorit pengunjung.

Untuk menikmati keindahan taman sakura, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 9.500 untuk tiket masuk per orang dan biaya parkir Rp 16 ribu untuk roda empat dan Rp 5 ribu untuk roda dua.

Lokasi KRC yang luasnya sekitar 80 hektar betada di Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ayo, rencanakan liburan ke taman sakura KRC. Sambil menghirup udara segar, mata juga lebih sehat dengan pemandangan hijau beragam tanaman.

Source: youtube.com/trisnoutomo

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka @susan_rock13 YouTube @elpechannel

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: