Membuat To Do List

IMG-20171104-WA0000

 

Ya, saatnya membuat to do list dan melaksanakannya untuk prioritas kita. Karena begitu banyak tawaran informasi  dan aplikasi menarik dari gadget  kita miliki.

Menulis draft rencana kegiatan atau membuat to do list terbilang efektif membuat kita tetap fokus pada rencana awal.  Meskipun ada sebagian ahli yang menyatakan membuat daftar kegiatan ini tidak efektif. Karena yang ditulis adalah yang ada di otak kita.

Tapi, di era digital seperti sekarang, membuat to do list sangat penting. Karena faktor yang membuat kita tidak fokus sangat banyak. Sumber distraksi (teralihkan) antara lain ponsel, internet baik di ponsel pintar, tablet, maupun PC computer. Perangkat gadget tersebut menawarkan ragam informasi dalam hitungan detik. Jika kita tidak bisa mengatur waktu, maka kita akan larut membaca info yang bisa jadi tidak terlalu kita perlukan.

Alhasil, karena kita tidak punya alarm, kita lupa dengan prioritas yang harus dilakukan. Karena  larut  dalam kegiatan kurang bermanfaat. Seperti intens membuka social media, membaca pesan-pesan di grup text messaging seperti Whatssap, Line, dll. Tanpa kita sadari membuka pesan di grup atau kepo melihat status teman di social media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter kerap membuat kita lupa dengan target-target yang harus dikelarin hari ini.

So,  membuat to do list termasuk hal urgen agar kegiatan kita terarah.  Membuat daftar kegiatan ini bukan hanya berlaku dalam dunia kerja. Tetapi kamu yang masih sekolah, kuliah, atau ibu rumah tangga.

Paula Rizzo seorang produser acara televisi sekaligus penulis  “Listful Thinking: Using Lists to be More Productive, Highly Successful and Less Stressed” dalam situsnya ListProducer.com mengatakan selalu membuat list kemana pun dia pergi. Ia bahkan membuat banyak daftar kegiatan. Menurut Paula membuat daftar kegiatan membuat dia tetap terarah baik dalam hal pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah.

Berikut tips ala Paula agar to do list atau daftar rencana kegiatan bukan hanya sekedar catatan saja tetapi juga dieksekusi seperti rencana yang tertulis.

  1. Cenderung Mengabaikan Rencana yang Tertulis

Ada sebagian orang yang rajin menulis rencana harian atau mingguan di kertas post it. Karena tidak temple di tempat yang mudah dilihat, akhirnya lupa dengan rencana yang telah ditulis. Atau membuat to do list di belakang kertas struk belanjaan. Karena lupa menaruh struk belanjaan akhirnya lupa dengan rencana yang telah dibuat.

Buatlah to do list di satu tempat favorit yang sering kamu lihat. Bisa dalam bentuk notes unyu dengan cover grid yang kamu suka atau tema-tema monokrom. Kamu juga bisa menaruh to do list di folder ponsel kamu.

      2. Terlalu Banyak Item

IMG-20171104-WA0001(1)

Karena keterbatasan waktu, kamu tidak mungkin mengerjakan banyak hal dalam sehari. Untuk itu, kamu harus membuat skala prioritas dalam membuat to do list. Mengapa? Karena jika kamu tidak realistis alias membuat to do list dalam jumlah banyak, maka kamu akan kewalahan. Akhirnya pekerjaan penting yang seharusnya menjadi prioritas malah tidak diselesaikan.

      3. Spesifik

Tulislah rencana kegiatan secara spesifik. Misalnya mengecek email. Tanpa tulisan spesifik, kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mengecek surat elektronik yang bisa jadi tidak penting bagi anda.

      4. Mengecek Kembali Daftar Kegiatan

Agar daftar rencana kegiatan kamu bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan kamu, maka kamu bisa mengeceknya kembali. Waktu pengecekan disesuaikan dengan kesibukan dan alpkasi waktu yang kamu sediakan untuk menyelesaikan semua kegiatan.

       5. Se-simple Mungkin

Karena yang membaca kita sendiri, tentu kita tahu bentuk to do list yang simple versi kita itu seperti apa.  Daftar rencana kegiatan yang enak dibaca dan simple akan membuat kamu semangat mengerjakan. Bukan malah membuat kamu stres saat membaca.

 

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and women life. Follow IG @lemonpolka @susan_rock13

Categories:

Info, Tips

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: