Tips Mudah Tidur Di Era Gadget

1509122293512

Era gadget dan tingginya beban kerja kerap membuat seseorang kurang tidur. Padahal kurang tidur bisa menyebabkan berat badan bertambah, depresi, bahkan menurunkan volume otak.

Meskipun ilmuwan menyatakan kesehatan kita tidak tergantung kepada jumlah jam tidur yakni tujuh hingga delapan jam. Tetapi juga kualitas tidur.

Apa yang harus dilakukan agar tidur kita berkualitas? Dilansir dari Time, ada beberapa tips praktis untuk mendapatkan tidur berkualitas dan cukup.

1. Jangan minum kopi pada jam-jam menjelang tidur atau sore hingga malam hari.

2. Beri waktu untuk diri sendiri setelah seharian beraktivitas.

3. Mengelola stres agar tidak terbawa ketika mau tidur. Ketika masuk kamar tidur sebisa mungkin melupakan masalah dengan mengosongkan pikiran, menarik nafas, dan berdoa.

Karena sekarang era digital, ada beberapa tips yang lumayan ampuh diaplikasikan guna mendapatkan tidur cukup dan berkualitas.

1. Berhenti menggunakan nada dering berulang. Untuk mengurangi gangguan ketika malam mau tidur, sebaiknya tidak menyetting nada dering secara berulang.

2. Batasi penggunaan gadget dua jam sebelum tidur. Dengan membatasi gawai atau gadget menjelang jam tidur, kamu akan selamat dari menunda waktu tidur.

Pasalnya, penggunaan gadget kadang membuat kamu lupa dengan jam tidur. Misalnya tadinya kamu bertekad akan tidur pukul 11 malam bisa mundur hingga pukul 12 bahkan pukul 1 dini hari karena keasyikan stalking atau browsing. Meleset kan dari planning semula?

3. Taruh gadget di luar kamar tidur
Pilihan menaruh gawai di luar kamar tidur lumayan beresiko jika kamu tidak mempunyai telepon rumah. Pasalnya jika terjadi apa-apa, atau ada info penting dari luar, anda tidak bisa terjangkau.

Namun tips menaruh gawai di luar tempat tidur wajib dilakukan jika kamu sudah sulit lepas dari gadget.

4. Setting airplane mode
Jika kamu merasa berat menaruh gawai di luar kamar tidur, kamu bisa menyetting handphone dengan airplane mode. Cara ini ditempuh agar kamu tidak tergoda untuk sekedar browsing atau stalking jelang tidur yang berimbas kamu molor tidurnya.

Tanpa pembiasaan untuk membatasi penggunaan gawai pada malam hari, keinginan kamu untuk tidur lebih awal atau tidur cukup, hanyalah sebuah ilusi. Meskipun, kamu sudah mencatat planning-mu itu di kertas post it atau di gawaimu. Karena rencana tinggalah rencana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About the Author

Posted by

It's about fashion, beauty, food, traveling, career, love, motivation, story, poetry and life. Follow IG @lemonpolka @susan_rock13

Categories:

Artikel Kesehatan, Info

Add a Response

Your name, email address, and comment are required. We will not publish your email.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

The following HTML tags can be used in the comment field: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <pre> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: